Apa Itu Cryptocurrency atau Mata Uang Virtual


Bagi anda yang belum tau apa itu cryptocurrency pas ni anda berkunjung diblog ini karena saya akan menjelaskan apa itu cryptocurrency jadi disimak ya. 

Cryptocurrency adalah media digital pertukaran yang menggunakan kriptografi dan shared transaction ledgers untuk menciptakan sistem moneter yang aman, anonim, dapat dilacak dan berpotensi stabil.

Kriptografi digunakan untuk mengamankan transaksi dan mengendalikan penciptaan newcoin atau coin baru. Cryptocurrency pertama yang diciptakan adalah Bitcoin pada tahun 2009. Saat ini ada ratusan kripto yang lain.

Hingga saat ini Bitcoin tetap menjadi cryptocurrency yang paling populer, namun sekarang ada hampir ribuan kriptografi dengan berbagai tingkat popularitas, nilai dan orisinalitas. Cryptocurrencies selain Bitcoin sering disebut sebagai "altcoin." Meskipun ada banyak altcoin yang merupakan klon sederhana pada sistem Bitcoin, yang paling sukses cenderung memiliki kait atau keuntungan unik yang tidak bisa atau tidak dipilih oleh Bitcoin. 

Contoh paling terkenal dari altcoin populer meliputi Ripple, Litecoin dan Dogecoin.

Cryptocurrency didukung oleh matematika dari pada pemerintah atau lembaga keuangan. Sementara mereka, seperti semua mata uang, masih bergantung pada nilai yang mereka anggap, kelangkaannya didasarkan pada matematika dan tidak disesuaikan oleh satu kelompok atau orang. 

Mereka tidak terikat pada ketersediaan barang fisik, seperti emas, dan juga tidak dapat dibuat secara artifisial oleh pemerintah atau lembaga keuangan seperti dolar.

Cryptocurrency menggunakan jaringan terdistribusi untuk memungkinkan sistem transaksi p2p (peer-to-peer) tanpa memerlukan pihak ketiga. Untuk menjaga keamanan ini, cryptocurrency menggunakan algoritma matematis dan buku besar publik.

Untuk memastikan setiap transaksi sah, persamaan matematika kompleks digunakan untuk menghubungkan setiap akun dengan jumlah mata uang virtual yang ingin dibelanjakan oleh pemegang rekening. Pengguna, biasa disebut sebagai penambang, mendedikasikan sumber daya komputasi mereka untuk memecahkan persamaan ini dan umumnya dihargai dengan sejumlah kecil cryptocurrency.

Daya penambangan cryptocurrency dinilai pada skala hash per detik. Sebuah rig dengan daya komputasi 1kH/ s adalah pertambangan dengan kecepatan 1.000 hash per detik, 
1MH / s adalah satu juta hash per detik dan GH/ s adalah satu miliar hash per detik. 

Setiap kali seorang penambang berhasil memecahkan satu blok, sebuah hash baru dibuat. Algoritma hash mengubah jumlah data dalam jumlah besar menjadi hash fixed-length. 

Seperti kode, jika Anda tahu algoritma Anda bisa memecahkan hash dan mendapatkan data asli, tapi ke mata biasa, hanya sekelompok angka yang dijejali dan hampir tidak mungkin mengeluarkan data asli.

sekian artikel saya mengenai apa itu cryptocurrenci semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Itu Cryptocurrency atau Mata Uang Virtual"

Posting Komentar